Kalian pasti pernah bertanya, apasih sebenarnya Ilmu Komunikasi itu?berhubung gue anak komunikasi,gue bisa bagi sedikit informasi nih apasih komunikasi itu, sebelumnya gue mau ngedoktrin dulu deh hahaha buat yang bingung mau ngambil jurusan apa pas kuliah,mending pilih ilmu komunikasi aja, mengasyikan banget belajarnya,seru,kita ga bakal belajar yang macem-macem deh,ga ada matematika-matematikaan haha trus di komunikasi kita bisa tau sifat orang dari bahasanya aja loh, menyenangkan kan?tertarik? yuk jadi anak komunikasi aja hahaha
ILMU KOMUNIKASI
Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek-aspek
komunikasi dan prakteknya. Mahasiswa Ilmu Komunikasi memandang proses
komunikasi adalah sebagai gabungan antara seni dan ilmu dalam mengolah
pesan. Kalimat saktinya anak komunikasi adalah “we cannot not communicate”
yang artinya kita manusia sebagai makhluk sosial akan selalu
berkomunikasi. Bahkan, diam pun bisa diartikan berkomunikasi yaitu
berusaha menyampaikan suatu pesan walaupun tanpa kata-kata (komunikasi
non verbal). Singkatnya, komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari
proses bagaimana suatu pesan disampaikan dari sumber (source), melalui media (channel), kepada penerima pesan (receiver). Lalu kemudian bagaimana membuat pesan menjadi efektif sehingga dapat dimaknai oleh penerima pesan dan dapat menghasilkan feedback (timbal balik/komunikasi dua arah).
beberapa peminatan komunikasi:
1. MEDIA STUDIES
merupakan peminatan yang bertujuan untuk menghasilkan analis-analis media yang kritis dan kompeten untuk menggeluti bidang-bidang seperti riset komunikasi,penelitian,kampanye berkomunikasi, maupun berbagai bidang pekerjaan di media massa.
2. PUBLIC RELATIONS
nih cocok banget buat yang suka banget bicara, peminatan ini menitikberatkan pada kemampuan menguasai bentuk-bentuk komunikasi strategis dan intergratif.
3.BRAND MANAGEMENT
merupakan peminatan yang bertujuan untuk mempelajari konsep-konsep serta pengelolaan diri sebuah merek. termasukk diantaranya pengelolaan pesan serta bagaimana mengkomunikasikan pesan merek kepada khalayak.
4.CREATIVE ADVERTISING
merupakan peminatan yang berfokus pada pengembangan teoritis dan praktis pada departemen kreatif periklanan.
5.BROADCAST
Konsentrasi Jurnalistik memang banyak diburu oleh mahasiswa Ilmu
Komunikasi karena banyak membahas mengenai kegiatan pertelevisian dan
media massa lainnya. Di Konsentrasi Jurnalistik akan membekali
pemintanya dengan kemampuan reportase, manajemen dan penyajian berita,
manajemen media massa, teknik pencarian dan pengolahan berita, produksi
siaran radio, fotografi, dan lain sebagainya.
nah,itu beberapa informasi yang bisa gue bagi,semoga bermanfaat,buat yang masih penasaran,coba cek sendiri gimana sih komunikasi itu dengan jadi anak komunikasi!!! hehehehe
No comments:
Post a Comment